Wahai Para Suami, Inilah yang Harusnya Anda Lakukan Setelah Istri Melahirkan

ilustrasi

JAKARTA - Melahirkan bukanlah "pekerjaan" yang mudah. Setelah melahirkan pun istri masih dihadapkan pada tugas-tugas rumah tangga berikutnya yang juga menguras banyak tenaga.

Sebagai suami yang baik, tentu Anda tidak boleh tinggal membisu melihat istri yang gres saja pulih harus berjibaku dengan urusan rumah tangga yang tiada habisnya.

Di rumah, peran suami setelah bayi lahir sama pentingnya ketika menemani istri selama melahirkan. Apalagi perempuan mengalami perubahan fisik dan emosional setelah melahirkan.

Menjadi ibu gres merupakan peran yang berat. Istri akan mengalami sedikit rasa sakit setelah melalui proses persalinan, baik persalinan normal maupun caesar.

Istri yang melahirkan normal mungkin akan mengalami sembelit, wasir, perdarahan (lokia), dan inkontinensia urin. Sementara, istri yang melaksanakan persalinan sesar, beliau akan butuh waktu pemulihan yang lebih panjang.

Pada ketika itulah, istri Anda harus membatasi aktivitasnya (terutama kegiatan berat) selama beberapa minggu.

Walaupun mungkin istri Anda terlihat senang dengan kelahiran bayi Anda, tapi beberapa dari mereka kadang juga mampu merasa sedih, ingin marah, kesal, atau perasaan campur aduk lain (biasa dikenal dengan baby blues). Ini wajar terjadi alasannya mereka sedang dalam masa transisi untuk menjadi ibu.

Oleh alasannya itu, peran suami setelah bayi lahir sangat diharapkan istri untuk mampu membantunya dan menguatkannya dalam hal fisik maupun emosional.

Seperti dikutip dari HelloSehat.com, Selasa (26/9), beberapa hal yang mampu dilakukan suami untuk membantu istri setelah bayi lahir, yaitu

1. Membantu melaksanakan peran rumah tangga di ketika istri sedang sibuk merawat bayi, ibarat membersihkan rumah, mencuci baju, mencuci piring, atau bahkan memasak.

Anda juga mampu membantu mengerjakan peran rumah tangga di ketika istri tertidur. Istri mungkin harus menerima lebih banyak waktu tidur alasannya pada malam hari biasanya beliau terbangun untuk menyusui bayinya.

2. Membantu merawat bayi, ibarat mengganti popok bayi, memandikan bayi, menggendong bayi, atau menemani bayi di ketika ibu sedang sibuk mengerjakan peran rumah tangga. Hal ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kedekatan antara Anda dan bayi.

3. Luangkan waktu Anda untuk berbicara dengan istri. Istri Anda mungkin ingin menceritakan sesuatu kepada Anda untuk meringankan bebannya. Kadang, istri mengalami duduk perkara ketika menyusui dan hal ini mungkin mampu membuatnya stres.

Namun, dengan hanya berbicara dengan Anda, istri mungkin akan merasa jauh lebih tenang. Sehingga, hal ini secara tidak eksklusif dapat membantu istri dalam hal menyusui.

4. Tunjukkan kasih sayang Anda kepada istri, mungkin dengan pelukan dan ciuman. Saat ini istri mungkin lebih sibuk merawat bayi, namun bukan berarti sayang istri berkurang pada Anda.

Hanya, istri mungkin belum punya waktu untuk menunjukkannya. Nah, sekarang giliran Anda untuk menunjukkannya lebih dulu, walaupun hanya hal kecil. Ini penting untuk mempererat korelasi Anda dengan istri.

Sumber: harnas

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wahai Para Suami, Inilah yang Harusnya Anda Lakukan Setelah Istri Melahirkan"

Post a Comment