Ups! Amazon dan Google Kaprikornus Berseteru Gara-Gara Youtube, kok Bisa?

ilustrasi

SAN FRANCISCO – Perseteruan antara perusahaan teknologi memang kerap terjadi. Tak disangka, Amazon juga kini menghadapi hal yang sama bersama Google.

Raksasa ritel itu mengatakan bahwa perangkat Echo Show miliknya tak dapat lagi memutar video dari YouTube. Hal tersebut terjadi alasannya yakni Google berhenti mendukung layanan tersebut.

Pertikaian ini merupakan yang terbaru di Silicon Valley dimana ketegangan kompetisi menghalangi pelanggan. Amazon dan Google sendiri berada di area bisnis yang luas mulai dari cloud dan pencarian online, sampai penjualan gadget yang dikendalikan oleh bunyi menyerupai Echo Show.

“Pada sore ini, Google telah memilih untuk tidak lagi mendukung YouTube tersedia di Echo Show, tanpa penjelasan dan tanpa pemberitahuan kepada pelanggan. Tidak ada alasan teknis untuk keputusan tersebut, yang mengecewakan dan menyakitkan bagia pelanggan kami tersebut,” kata Amazon dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Gooogle yang dimiliki oleh Alphabet mengatakan bahwa hal tersebut tidak mengejutkan.

“Kami sudah lama berunding dengan Amazon, bekerja menuju akad yang menunjukkan pengalaman mahir bagi pelanggan di kedua platform,” kata Google dalam sebuah pernyataan.

“Implementasi YouTube di EchoShow melanggar persyaratan layanan kami, menciptakan pengalaman pengguna yang buruk. Kami berharap mampu mencapai akad dan segera menyelesaikan persoalan ini,” terang Google.

Dilansir Reuters, Rabu (27/9/2017), Echo Show diketahui telah menampilkan video YouTube tanpa fitur yang tak terpisah, mulai dari rekomendasi video sampai channel subscription. Google sebelumnya juga sempat mengalami perseteruan serupa dengan Microsoft di masa lalu.

Tak terang berapa banyak pengguna yang terpengaruh dengan fitur Amazon itu. Echo Show sendiri mulai dijual Amazon pada Juni lalu, dengan layar sentuh dan merespon perintah suara.

Menurut firma riset eMarketer, perangkat Echo milik Amazon termasuk Echo dan Echo Dot telah mengalahkan Google Home yang juga dikontrol suara. Amazon berambisi untuk membuat orang-orang terbiasa mengendalikan komputer dengan bunyi dan memesan ritel online juga dengan suara.

“Ini sedikit pukulan bagi Amazon. YouTube yakni salah satu layanan video besat yang mereka miliki selain layanan mereka sendiri. Artinya, sebagian besar konten video yang mungkin Anda tonton di Echo Show kini menghilang,” kata analis Jan Dawson dari Jackdaw Research.

Sumber: okezone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ups! Amazon dan Google Kaprikornus Berseteru Gara-Gara Youtube, kok Bisa?"

Post a Comment