Pantas Saja! Ternyata Ini Sebabnya Mengapa Saat Sakit Selera Makan Kaprikornus Menurun Drastis

ilustrasi

JAKARTA – Pakar kesehatan dr. Donald Hensrud, M.D, MPH, yang berasal dari Mayo Clinic menyebutkan bahwa ketika tubuh sedang sakit, tubuh juga akan melaksanakan respon yang sangat rumit, termasuk diproduksinya senyawa kimia yang disebut sebagai cytokines. Yang menjadi duduk perkara adalah, senyawa kimia ini mampu menurunkan selera makan dengan signifikan.

Dengan menurunkan selera makan, tubuh akan memiliki kesempatan untuk membebaskan energi dan melepaskan respon imun dengan lebih efektif. Hal yang berbeda kalau kita tetap memiliki nafsu makan yang normal. Tubuh membutuhkan energi yang cukup besar untuk mencerna makanan sehingga tubuh pun tidak benar-benar memiliki energi yang cukup untuk melawan nanah atau penyakit.

Dilansir dari Dokter Sehat, menurunnya nafsu makan ini juga dimaksudkan demi menekan pertumbuhan virus. Sebagai informasi, beberapa jenis virus mampu mengambil energi yang berasal dari nutrisi yang kita konsumsi layaknya glukosa atau zat besi. Dengan virus yang tidak menerima energi, dibutuhkan sistem imun juga akan lebih cepat dalam menyembuhkan penyakit.

Menurunnya nafsu makan ini biasanya terjadi untuk sementara saja. Sayangnya, bagi penderita kanker, penurunan nafsu makan ini berlangsung dalam jangka panjang sehingga membuat mereka mengalami penurunan berat tubuh dengan drastis.

Mengingat kita juga tetap membutuhkan makanan untuk membuat tubuh tetap berenergi dan mendukung kinerja sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mampu membuat rasa nyaman di dalam perut. Makanan ini biasanya terbuat dari materi alami layaknya buah-buahan, sayuran, atau gandum dengan rasa alami dan tidak ditambahi zat aditif.

Sumber: timesindonesia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantas Saja! Ternyata Ini Sebabnya Mengapa Saat Sakit Selera Makan Kaprikornus Menurun Drastis"

Post a Comment