Kondisi Alat Medis Setya Novanto yang Mengundang Tanya


Kondisi Alat Medis Setya Novanto yang Mengundang Tanya

- Foto Ketua DPR Setya Novanto yang sedang dirawat di RS Premier Jakarta, beredar semenjak pagi tadi. Foto itu menyampaikan dikala Novanto dijenguk oleh Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Golkar, Endang Srikarti Handayani.

Setelah foto beredar, ramai dibahas wacana kondisi alat medis yang digunakan oleh Ketua Umum Partai Golkar itu. Terutama Elektrokardiogram (EKG) yang berada di sisi kanan atas Novanto.

EKG ialah alat yang menampilkan grafik yang dibuat oleh sebuah elektrokardiograf, yang merekam acara kelistrikan jantung dalam waktu tertentu. Pada kondisi normal, EKG akan menampilkan grafik yang bergelombang. Namun pada Novanto EKG datar.

Salah seorang dokter yang enggan disebut namanya, menilai grafik itu datar sebab EKG sepertinya tidak dipasang. Meski alat itu tampak menyala. Sementara angka 90 menyampaikan denyut jantung.

Pada pasien penderita jantung ibarat Novanto, mestinya EKG terpasang untuk mengetahui kondisi jantung.

Tak hanya itu, alat sungkup yang terpasang ke hidung Novanto menuai perdebatan untuk oksigen atau terapi lain. Masih menurut dokter yang sama, sungkup itu dipastikan bukan untuk oksigen sebab tidak menutup mulut. Bisa jadi untuk terapi uap. Sementara kerabat akrab Novanto menyebut alat itu untuk menangani sinus.

Di luar alat medis, Novanto tampaknya memegang tasbih dikala dirawat.

Ketua Harian Partai Golkar, Nurdin Halid, mengaku sudah tahu soal foto Novanto yang beredar tersebut. Namun ia enggan mengomentari soal ramai orang membahas EKG yang tak terpasang.

"Saya ada juga fotonya, ya kan sakit kan masak orang sudah sakit begitu. Kalian persepsikan sendiri," ucap Nurdin kepada wartawan.

"Saya terima foto itu dari salah satu pengurus Golkar Jabar. Kalau ruangan itu ruangan di situ di Premiere sebab pernah saya juga ke situ," imbuhnya. [beritaislam24h.info / kmp]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kondisi Alat Medis Setya Novanto yang Mengundang Tanya"

Post a Comment