Jangan Sembarangan Pasang Lampu Strobo, Ini Bahayanya!

ilustrasi

Hingga ketika ini masih banyak pengguna kendaraan beroda empat memasang lampu strobo atau rotator di bab depan kendaraannya dengan dalih sebagai suplemen tambahan. Namun, pemasangan lampu itu justru merugikan sang pemilik dan pengguna jalan lainnya.

Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto mengatakan bahwa pemasangan lampu strobo pada kendaraan membahayakan keamanan, keselamatan, dan ketertiban lalu lintas.

"Strobo itu kan lampu yang cukup menyilaukan dan cukup membahayakan," kata Budiyanto kepada VIVA.co.id di Jakarta, Rabu 27 September 2017.

Menurut dia, setiap tindakan pengguna atau pengemudi kendaraan bermotor yang mengganggu keamanan dan ketertiban lalu lintas, maka petugas kepolisian tak segan-segan untuk menindak para pelanggar.

"Kalau dalam aturan bahwa setiap pengemudi kendaraan bermotor tidak boleh memasang perlengkapan yang dapat membahayakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas," ujarnya.

Bagi pengguna kendaraan beroda empat yang nekat memasang lampu strobo pada kendaraannya, maka sesuai Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 ihwal Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, akan dikenakan sanksi.

Dalam Pasal 287 ayat 4 UU LLAJ, disebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang melanggar ketentuan mengenai penggunaan atau hak utama bagi kendaraan bermotor yang menggunakan alat peringatan dengan bunyi atau sinar dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp250 ribu.

"Pidananya kurungan satu bulan dan atau denda paling banyak Rp250 ribu," kata dia.

Sumber: viva

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Sembarangan Pasang Lampu Strobo, Ini Bahayanya!"

Post a Comment