Gampang Kok! Begini Loh Cara supaya Rem Mobil Tak Lagi 'Berdecit'

ilustrasi

Bunyi mendecit pada rem tentu sering ditemui terutama bagi para pemilik kendaraan beroda empat yang malas melaksanakan perawatan berkala. Selain mengganggu kenyamanan, bunyi rem berdecit ternyata juga sangat berbahaya kalau dibiarkan.

Dilansir situs resmi Daihatsu, rem mendecit biasanya disebabkan adanya tumpukan kerak kotoran menyerupai debu, residu oli atau gemuk di cakram dan tromol. Hal itu lantaran banyak dari pemilik kendaraan beroda empat enggan melaksanakan perawatan.

Padahal efek rem mendecit bukan cuma bikin kampas dan cakram cepat tipis. Tapi juga mampu bikin komponen di sekitar rem cakram melenting tanggapan suhu panas yang berlebihan lantaran adanya ukiran antarkomponen.

Mengatasi atau menghilangkan decit pada rem kendaraan beroda empat bergotong-royong tidak sulit. Hanya butuh membersihkan cakram, tromol dan komponen lainnya yang ada di seputar roda mobil. Bahkan peralatan yang diharapkan juga terbilang sederhana diantaranya kunci roda, dongkrak, lap (kain bersih), kuas halus, cairan khusus pembersih rem atau kompresor kalau tersedia.

Jika semua sudah siap, hanya ada 2 komponen yang harus dibersihkan untuk atasi rem berdecit ialah cakram dan tromol. Pada cakram, langkah awal membersihkannya dengan melepas ban dengan kunci roda. Tapi biar aman, bodi kendaraan beroda empat didongkrak dan episode roda lainnya diganjal.

Lalu semprotkan cairan pembersih rem kendaraan beroda empat sampai merata pada cakram. Jarak penyemrotan antara cakram dan brake cleaner sekitar 10-15 cm, dan semprotkan sampai merata semoga piringan cakram benar-benar lembap dan sudah merontokan kerak yang ada.

Lap dengan kain bersih yang sudah disiapkan, sekaligus membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada cakram rem tersebut. Tidak lupa lakukan penyemprotan sekali lagi sampai kotoran benar-benar bersih.

Untuk membersihkan teromol rem caranya hampir sama yakni dengan melepas tromol dari rumahnya. Cara lepas teromol diketok menggunakan palu secara hati-hati atau perlahan untuk mempermudah. Setelah terlepas, tromol berdebu bersihkan dengan kompresor kalau ada. Atau gunakan kuas halus yang sudah disiapkan

Jika bubuk sudah bersih, lakukan penyemprotan dengan brake cleaner semoga balasannya maksimal. Lalu pasang kembali cakram dan tromol. Mudahkan?

Sumber: viva

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gampang Kok! Begini Loh Cara supaya Rem Mobil Tak Lagi 'Berdecit'"

Post a Comment